Bengkel Mobil Diesel

Sempat diprediksi bakal kehilangan pembeli, mobil-mobil bermesin diesel kini justru semakin menarik hati. Buktinya banyak varian mobil diesel baru bermunculan. Menggunakan mobil bermesin diesel memang menyenangkan, apalagi dari segi konsumsi bahan bakar. Irit! Betul, memang itu alasan utama para pemilik mobil diesel di Indonesia, selain tahan banting dan harga jualnya bertahan.

Motor bakar diesel biasa disebut juga dengan Mesin diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Mesin ini tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas.Karena berbeda dengan mesin mobil pada umumnya, mesin diesel membutuhkan perawatan khusus. Sebab jika tidak dirawat dengan baik maka mesin akan menyebabkan masalah seperti mengeluarkan suara yang berisik dengan asap yang hitam dan juga kotor.

Masalah yang ada dalam mesin diesel itu enggak jauh-jauh dari nozzle injektor, supply pump, atau turbonya yang sudah bermasalah. Terkait sistem injeksi bahan bakar solar, merupakan bagian yang vital pada mesin diesel. Pompa injeksi bahan bakar atau Fuel Injection Pump berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar ke ruang bakar melalui nozzle. BBM diinjeksikan dengan tekanan tinggi agar tersebar menjadi uap sehingga mudah bercampur dengan udara. Dengan demikian BBM dapat terbakar dengan sempurna ketika dikompresi di ruang bakar. Mengenai sistem sirkulasi Bahan Bakar pada mesin diesel, sebenarnya ada beberapa komponen penunjang pasokan bahan bakar dari tangki sampai ke ruang bakar. Seperti water separator, feed pump, fuel filter, fuel injection pump, fuel injection pipe, sampai ke nozzle. Sebagai informasi tambahan, kami jelaskan 2 tipe Fuel Injection Pump yaitu Inline dan Distributor.

Fuel Injection Pump Tipe Inline memiliki plunger yang berfungsi untuk memompa bahan bakar agar menghasilkan tekanan dan menyalurkannya melalui pipa ke nozzle. Jumlah plunger pada pompa injeksi tipe inline sama dengan jumlah silinder pada mesin. Jika ada 6 silinder, maka jumlah plunger ada 6 juga.

Cara kerja dari fuel injection pump tipe inline seperti berikut. Bahan bakar dipompa dari tangki bahan bakar menuju mesin pompa oleh feed pump. Bahan bakar didorong oleh masuk ke pipa injeksi, siap untuk masuk ke ruang bakar melalui nozzle. Di dalam pompa terdapat mekanisme Camshaft yang berputar selaras dengan putaran mesin. Camshaft itu akan menekan plunger naik dan turun satu persatu. Plunger yang tertekan akan mendorong bahan bakar menembus nozzle, masuk ke ruang bakar. Karena Camshaft bergerak selaras dengan putaran mesin, penyemprotan bahan bakarnya ke ruang bakar bisa tepat timingnya. Governor berfungsi sebagai pengatur banyak jumlah bahan bakar yang diinjeksi, dengan cara memutar plunger. Pada plunger terhadap saluran bahan bakar yang besar bukaannya semakin besar atau kecil bergantung pada posisi menghadapnya.
Fuel Injection Pump Tipe Distributor adalah sistem injeksi bahan bakar yang menggunakan satu plunger untuk semua silinder. Berbeda sekali dengan tipe inline. Sebuah plunger akan memasok bahan bakar ke setiap silinder melalui SATU pipa yang akan terhubung ke setiap nozzle. Ini sebabnya tipe ini sering disebut juga tipe Common Rail. Tipe ini lebih mudah dikembangkan efisiensinya dengan mengganti governor dengan menggunakan ECM (Electronic Control Module) untuk mengatur jumlah bahan bakar. Tipe distributor / common rail biasa ditemukan pada mobil diesel, tapi juga sudah banyak dipakai pada mesin diesel untuk generator.

Dari 2 tipe diatas, kami menyimpulkan terkait kelebihan dan kelemahan masing-masing tipe.. Pertama untuk kelebihan tipe inline. Jumlah plunger pemompa tipe inline yang sesuai dengan jumlah silinder. Jika suatu saat salah satu plunger bermasalah, maka mesin masih bisa beroperasi namun tidak optimal. Konstruksinya sederhana, karena setiap 1 silinder di suplai oleh 1 plunger. kelebihan terakhir, tentu saja harganya relatif lebih murah. Sedangkan Kekurangan tipe inline adalah Memakan ruang yang banyak, karena ukurannya yang besar. Kedua, Suplai bahan bakar pada tiap silinder kemungkinan tidak sama, karena setiap satu plunger satu silinder.
Kelebihan tipe distributor. Satu, Membutuhkan ruang yang tidak terlalu besar dan bahan bakar yang didistribusikan ke semua silinder sama, karena menggunakan 1 plunger. Di sisi lain, kekurangan tipe distributor jika plunger rusak, maka mesin tidak dapat beroperasi. Karena hanya memiliki 1 buah plunger (pemompa). Terakhir, Harganya relatif lebih mahal daripada tipe inline, karena konstruksinya lebih rumit.

Oleh karena itu, Jika Anda salah salam melakukan perawatan atau perbaikan maka mungkin saja mesin diesel pada mobil justru akan mudah rusak dan tidak bandel seperti awal membeli. Setidaknya, Anda harus membawa mobil kesayangan pada bengkel diesel yang memang sudah jelas-jelas terpercaya. Hal ini dilakukan agar mobil diesel dapat terawat dan ditangani oleh mekanik-mekanik yang tepat. Yang mana, memang berpengalaman dengan mesin diesel. Bagi Anda yang ingin menservice mobil diesel anda, terlebih lagi di area Yogyakarta dan sekitarnya kami memiliki bengkel spesialis mesin diesel. Berikut ini beberapa layanan yang ada dalam bengkel kami:

Service Injector Mobil Diesel

Pengecekan awal ditentukan berdasarkan tipe injector berupa pengukuran performance awal sehingga hasil pengukuran menjadi akurat. Hasil pengukuran performance kemudian dijadikan dasar bagi teknisi untuk menilai kondisi injector apakah dalam kondisi bagus, dapat diperbaiki atau terjadi kerusakan sehingga diperlukan tindakan perbaikan komponen injector. Kami akan memberikan saran dan solusi yang terbaik terhadap masalah Injector yang dialami.

Servis Fuel Injection Pump (FIP)

Pengecekan awal dilakukan dengan pembongkaran fuel injection pump lalu dibersihkan. Setelah itu, komponen akan diperiksa satu-persatu untuk memastikan komponen apa saja yang perlu diganti. Selanjutnya, kami akan memberitahukan perkiraan biaya penggantian. Terakhir, kami akan melakukan pengujian terhadap fungsi dan performa Fuel Injection Pump setelah diperbaiki.

Kalibrasi Fuel Injection System

Seiring waktu dan penumpukan kotoran hasil pembakaran bahan bakar, maka tingkat presisi komponen dan output yang dikeluarkan mengalami penurunan dari standar yang seharusnya. Kallibrasi perlu dilakukan untuk memperoleh performance yang optimal yang sesuai dengan standar. Kami menggunakan peralatan dan perangkat lunak untuk kalibrasi yang handal, selain itu teknisi kami juga sudah berpengalaman dalam dalam pengerjaan kalibrasi Fuel Injection System. Selain 3 service diatas, kami juga melayani ganti oli, service berkala, test nozzle, tune up, overhaul dan banyak lagi. Kami juga melayani service berbagai unit truck dan alat berat. Unit yang dapat kami perbaiki mulai dari mitsubishi, Nissan, hino dan toyota, sementara alat berat nya seperti komatsu, caterpillar, hitachi dan kobelco. Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah datang dan service mobil diesel kami di Service Injector dan Turbo Diesel. Bagi Anda yang belum pernah ke bengkel ini, Alamat lengkap berada di Perum Pondok Bumi Gemilang nomor C8 RT.15 RW. 4, Banyuraden, Gamping, Sleman Yogyakarta. Lebih mudahnya, anda bisa membuka google maps lalu masukkan “Service Injector dan Turbo Diesel” sebagai tujuan anda. Jika anda ingin menghubungi kontak person, silahkan cek website kami: serviceinjetor.com anda dapat menghubungi kontak person yang ada pada website tersebut. Sekian dari kami, Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Daftar Pustaka Bengkel Mobil Diesel

  • Bengkel Diesel AB Motor Bandung Promo. (n.d.). Retrieved July 28, 2019, from bengkel diesel AB Motor Bandung: shorturl.at/fhZ09
  • Bengkel Spesialis Mesin Diesel Ini Serba Bisa Dan Ada Fasilitas Antar Jemput Juga. (n.d.). Retrieved July 28, 2019, from gridoto: shorturl.at/htUW9
  • injection-pump. (n.d.). Retrieved July 28, 2019, from Inti daya engineering: shorturl.at/bpFS7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *